Tuesday, April 23, 2013


JuveStats : Ibra or Llorente
(JuveStats  adalah artikel yang berisi tentang statistic tentang Juve, pemain,  dan bidikan di bursa transfer)
(Who is Real Giant ?) by @pradipta_ale 
       
Pembaca setia JuveRock,
Akhir-akhir ini sebagian Juventini(termasuk penulis atau mungkin pembaca juga ? :-D ) sedang dibuat galau oleh pemberitaan  di media-media tentang striker incaran Juve. Sebab setelah Jovetic, Luis Suarez, Immobile, Mario Gomez, Alexis Sanchez, dan David Villa, kini nama Ibrahimovic mencuat ke permukaan, mengingat kini Ibra merasa tidak betah di Paris Saint Germain. Tentu , hal ini menimbulkan pro kontra dikalangan Juventini, mengingat Ibra pernah berkhianat ke Inter Milan ketika Juve terkena (kebohongan) calciopoly dan degradasi ke Serie B namun banyak yang berharap Ibra kembali ke Juventus karena skill-nya diharapkan bisa mengatasi ‘PROBLEM’ Juve pada lini serangnya. Namun “kegalauan’ penulis tidak berhenti pada hal itu saja.
Masalahnya pada winter transfer musim ini, Juve secara resmi memboyong Fernando Llorente dari Athletic Bilbao dengan  status ‘free transfer’. Tentu hal ini bisa menjadi dilemma bagi Antonio Conte dalam menentukan siapa yang pantas jadi starting eleven pada musim depan. Dalam postingan ini akan dibahas siapa yang pantas menjadi andalan Juve di lini serang musim depan (jika Ibra datang ke Juve musim depan). Ini adalah analisa dari penulis, jika ada yang punya pendapat lain, bisa menyampaikan di kolom comment.



Add caption                                                                  
             Llorente’s stat        Ibra’s stat
APPS(SUB)                  5(21)                                                    40(1)               
GOAL                           2                                                          31
ASSISTS                       3                                                          13
   KK                                 1                                                          9
        KM                            -                                                           2
RAT                             6.54                                                     7.77
Based www.whoscored.com  (selama di klub masing-masing di semua ajang pada 2012/2013)





Dilihat dari segala sisi, Ibra terlihat lebih dari superior dari Llorente. Hal itu bisa terlihat dari penampilan starter(5-40). Minimnya penampilan Llorente sebagai starter bukan karena penurunan performa, tetapi karena ia memiliki masalah dengan pelatih Athletic Bilbao, Marcelo Bielsa, sehingga Bielsa pun sering memasang Aritz Aduriz sebagai starter. Dampaknya pun langsung terlihat, penurunan jumlah gol yang sangat tajam dibanding musim lalu serta mulai jarang masuk skuad timnas Spanyol membuat Lion King harus mencari klub baru demi meningkatkan performanya.
Berbanding terbalik, PSG seolah-olah tersihir oleh Ibrakadabra. Di Ligue One, Ibra telah mengoleksi 26 gol yang mengantar PSG duduk nyaman di pemuncak klasemen Ligue One dan menjadi top skorer dan 6 assists. Di liga champion, mantan pemain Juventus ini telah mengoleksi 3 gol dan 7 assists. Hal ini menggambarkan bahwa Ibra punya pengaruh besar bagi klub kaya tersebut. Namun Ibra akhir-akhir ini Ibra tidak nyaman di Paris dan sepertinya ingin hengkang karena supporter PSG dianggap terlalu berlebihan mengkritik tim. Dikabarkan Ibra akan kembali ke tanah Italia.
Namun, menurut penulis Llorente merupakan sosok striker ideal bagi Juve. Selain memiliki tinggi yang hampir sama dengan Ibra(195 cm), gaya main mereka hampir sama, yaitu berperan sebagai target man dengan kemampuan heading mumpuni dan duel area. Jadi sekali lagi Llorente merupakan sosok yang tepat bagi Juve( menurut penulis). Untuk mengembalikan kemampuannya, langkah paling tepat adalah memasukkan namanya dalam jadwal pramusim, sehingga  diharapkan bisa menemukan performanya dan diharapkan bisa berkontribusi bagi Juve dalam mengarungi jadwal padat musim depan. Selain itu, ada sebuah fakta bahwa tim yang terlalu bergantung pada Ibra akan melempem ketika Ibra meninggalkan klub(contoh Inter dan Ac Milan). Kekhawatiran tersebut bisa saja benar andai Ibra benar-benar datang  ke Juve musim depan. Jadi Ibra bukanlah sosok mutlak yang dibutuhkan Juventus.
Demikianlah prediksi dari penulis. Sekali lagi, penulis bukanlah peramal, ahli feng-shui, apalagi dukun. Analisa ini didapat dari pengamatan penulis. Yang pasti, apapun yang manajemen Juve lakukan, semoga membawa dampak positif bagi I Bianconerri. Akhir kata, kurang-lebihnya mohon maaf, terima kasih dan…
 Forza Juventus***


Follow @JuveRock_




No comments:

Post a Comment