Saturday, April 27, 2013



SPESIAL: INSIDE JUVENTUS STADIUM (A HOME, A BATTLEFIELD)
BY @pradipta_ale


8 September 2011 sebelas menjadi salah satu hari paling special bagi Juventus, ya, tepat pada tanggal tersebut Juventus resmi membuka stadion baru mereka, Juventus Stadium. Dengan demikian, I Bianconerri menjadi klub Italia pertama dan satu-satunya yang memiliki stadion sendiri tanpa perlu menyewa pemerintah kota(ngontrak). Seluruh hasil dari penjualan tiket kandang akan masuk seluruhnya tanpa takut dikenai pemotongan biaya sewa(jadi inget sesuatu deh… ups, lupakan :-D ).
Stadion yang diarsiteki oleh Hernando Suarez dan Gino Zavanella ini dibangun di lahan bekas Stadion Delle Alpi. Pengumuman pembangunan stadium dimulai pada November 2008 dan pembangunannya sendiru dimulai pada 1 Maret 2009. Biaya pembangunannya berkisar  €110 juta (Rp.1.390.290.000.000). Biasanya, pada stadion di Italia, jarak antara lapangan dengan tribun penonton dipisahkan oleh lintasan atletik. Namun Juventus Stadium menghilangkan lintasan atletik sehingga jarak antara tribun penonton dan lapangan sangat dekat(mirip dengan stadion yang ada di Inggris).
                                          Gino Zavanella
Tak heran karena keistimewaannya tersebut, UEFA memilih Juventus Stadium sebagai Stadion tempat berlangsungnya Final Liga Europa 2013/2014 ! alasan UEFA memilih homebase Juventus ini adalah seperti yang sudah dijelaskan penulis tadi bahwa Juventus adalah klub pertama di Italia yang memiliki stadion sendiri tanpa ‘ngontrak’ dengan pihak pemerintah kota, sehingga bisa menjadi contoh bagi klub-klub lain di Italia agar bisa mandiri seperti Juventus. Juga rata-rata penonton yang hadir di Juventus Stadium semakin meningkat dan tiket selalu terjual habis alhasil keuntungan yang didapat manajemen pun sangat besar(tanpa dipotong pajak loh). Dan yang sedang booming beberapa hari ini adalah salah satu perusahaan elektronik asal Korea, Samsung, telah membeli  rights names dari stadion yang berkapasitas 41.000  kursi tersebut senilai € 120 juta sehingga nama stadion akan berubah seperti Bayern Munich(Allianz Arena) dan Manchester City(Etihad Stadium) yang dinamakan sesuai dengan sponsornya.
Didekat Juventus arena juga dibangun Juventus Museum, yaitu sebuah museum yang berisi perjalanan Juventus dari masa ke masa. Museum yang diketuai  Paolo Garimberti  ini diresmikan pada 16 Mei 2012 dan dibuka sehari setelahnya. Selain itu, terdapat juga area perbelanjaan dan area parkir yang memadai.  Berikut spesifikasi dari Juventus Stadium :
Nama
Juventus Stadium
Lokasi
Str. Com. di Altessano 131 10151
Torino, Piemonte
 Italia
Ukuran lapangan
105 X 68 m
kapasitas
41.000 kursi :
-3.600 VIP
-64 VVIP
fasilitas
-Area parkir (4.000 kendaraan)
-Area perbelanjaan (34.000 m2)
-Juventus Museum
 berikut denahnya:

Dan berikut kami hadirkan beberapa foto Juventus Stadium,














berikut video Juventus Stadium :


 
Follow https://twitter.com/JuveRock_

No comments:

Post a Comment